Pembagian Waktu di Indonesia

Pembagian Zona Waktu di Indonesia
Category Blog | Last updated: 22 October 2013

Bila Anda berwisata ke Indonesia, jangan lupa untuk mengingat zona waktu tempat tujuan wisata Anda. Karena hal ini cukup berpengaruh pada perjalanan wisata anda.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil dari ujung Barat sampai ujung Timur. Oleh karena itu, wilayah Indonesia terbagi kedalam 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Bagian Barat, Waktu Indonesia Bagian Tengah, dan Waktu Indonesia Bagian Timur. Pembagian Zona Waktu ini didasarkan pada garis Bujur letak suatu daerah di Indonesia. Dalam pembagian Zona Waktu ini, tak hanya waktu (jam) saja yang berbeda, tetapi segala aktivitas sosial masyarakat dan aktivitas bumi juga berbeda.

Berikut pembagian waktu di Indonesia secara umum:

  • Waktu Indonesia Barat atau disingkat WIB (UTC +7), mencakup wilayah sekitar Pulau Jawa (seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya), Pulau Sumatera (seperti Riau, Batam, Medan, Palembang, Lampung), dan Pulau Kalimantan bagian Barat danTengah (seperti Pontianak, Singkawang, Palangkaraya).
  • Waktu Indonesia Tengah atau disingkat WITA (UTC +8), meliputi Kalimantan bagian Timur (seperti Samarinda), Pulau Sulawesi (seperti Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado), dan wilayah Kepulauan Sunda Kecil (seperti Pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Kupang).
  • Waktu Indonesia Timur atau disingkat WIT (UTC +9), meliputi wilayah Kepulauan Maluku (seperti Ternate, Tidore, Halmahera, Ambon) dan Pulau Papua (seperti Rajah Ampat, Manokwari, Fak-fak).

Karena Indonesia juga termasuk wilayah tropis, maka Daylight Saving Time (DST) tidak berlaku di Indonesia.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, biasanya akan ada informasi zona waktu tujuan yang akan disampaikan sebelum Anda mendarat.

News Categories

Latest Travel News & Blog

Join With Us!